BELAJAR BERBANTUAN KOMPUTER ( CAI : Computer Assisted Instruction )

BELAJAR BERBANTUAN KOMPUTER ( CAI : Computer Assisted Instruction )

CAI adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia.
CAI telah cukup lama dikenalkan oleh para ahli komputer maupun ahli pendidikan, terutama di Negara maju. Beberapa istilah lainnya yang banyak dipergunakan adalah CAL, CBE, dan CMI.
1. Jenis-jenis Aplikasi CAI
 Dalam aplikasi CAI, komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar atau pun buku. CAI sudah sejak tahun 1960, mulai digunakan di Amerika Serikat. Pada awalnya, karena ketteknologi, bentuk CAI masih amat sederhana dan kurang berhasil menarik minat pendidik untuk memanfaatkannya. Mereka sangat berhati-hati dalam memilih CAI untuk ruang lingkupnya. Akan tetapi, karena kemajuan tehnik perangkat lunak dan juga ko mputer mikro, banyak aplikasi CAI yang disempurnakan dan dianggap amat baik untuk diterapkan di sekolah-sekolah. Beberapa jenis aplikasi CAI yang menarik adalah :
  • Latih dan Praktek (Drill and Practice). Para pengajar mnyediakan materi utama untuk para siswa. System CAI kemudian digunakan oleh siswa untuk menguji tingkat pengetahuan mereka. CAI menggantikan pengajar, akan tetapi dengan kecepatan pangajaran yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa. Guru dapat memberikan perhatian khusus untuk siswa yang lemah. Sedangkan siswa lainnya dapat terus belajar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Penjelasan (Tutorial). System komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran yang baru, dalam paket ini teknik mengajar, teknik evaluasi, alternative pertanyaan, dan jawabannya disiapkan dengan baik, sehingga siswa merasa seperti berinteraksi langsung dengan pengajar.
  • Simulasi. Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit. Aspek penting dari objek dicatat oleh komputer yang memungkinkan siswa mengkaji kaitan antara besaran objek yang penting. Cara ini banyak digunakan di biologim transportasi, ekonomi dan ilmu komputer.
  • Permainan. Untuk dunia akademis, permaianan sering kali dapat di manfaatkan untuk menambah pengetahuan, dengan cara yang santai.
 Dalam modus latih dan praktek, komputer mengajukan pertanyaan, menerima jawaban siswa dan member komentar sesuai dengan jawaban yang ada. Bila siswa salah menjawab, komputer akan member tahu siswa bahwa jawabannya salah, dan sebaliknya.
 Untuk aplikasi yang bersifat menjelaskan (tutorial), program yang dipersiapkan untuk CAI jauh lebih kompleks. Penyampaian informasi baru, yang mencakup tata cara mengajar untuk berbagai tingkatan kemampuan siswa. System harus cukup luwes untuk mengakomodasikan hal ini. Informasi diberikan secara bertahap, pada tiap tahap diberikan penjelasan dan contoh-contoh pemecahan masalah.
 Simulasi amat berguna untuk mempelajari objek yang rumit dan melibatkan banyak besaran yang saling berhubungan. Misalnya, kita tertarik untuk mempelajari arus kendaraan pada suatu simpang empat. Komputer dapat deprogram untuk menangkap besaran penting dari objek yang disimulasikan, seperti urutan nyala lampu di persimpangan, perkiraaan kepadatan arus kendaraan dan arus alirannya dan sebagainya. Kemudian kita merumuskan hubungan dari besaran-besaran tersebut dalam program.
 Permainan video yang telah sangat meluas, dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk menambah penegetahuan siswa. Permaianan amat disenangi anak-anak dan remaja, sehingga hambatan psikologis antara komputer dan siswa praktis tidak ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 PRINSIP ANIMASI

CARA MENGEDIT VIDEO DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER

CARA MENGGABUNGKAN BEBERAPA GAMBAR SAMPAI MERUBAH BACKGROUND